USABILITY TESTING
Usability testing atau pengujian kegunaan adalah cara terbaik untuk memahami bagaimana pengguna nyata merasakan situs web atau aplikasi Anda. Tidak seperti wawancara atau kelompok fokus yang mencoba membuat pengguna melaporkan sendiri perilaku atau preferensi mereka secara akurat, pengujian pengguna yang dirancang dengan baik mengukur kinerja aktual pada tugas-tugas penting.
Usability mengacu pada pengukuran seberapa mudah pengguna dapat mencapai tujuan mereka saat menggunakan suatu layanan. Usability adalah salah satu bagian dari pengalaman pengguna (UX) yang lebih luas. Sementara UX mencakup perancangan pengalaman keseluruhan suatu produk, Usability berfokus pada mekanisme untuk memastikan produk berfungsi sebaik mungkin bagi pengguna.
1. Getting started
Untuk melakukan uji penggunaan, mulai lah dari identifikasi audiens. Audiens bisa terdiri dari individu atau kelompok. nah kita dapat mengidentifikasi dari satu audiens dengan audiens lainya dengan memberikan mereka tugas, setiap audiens pasti memiliki topik yang berbeda-beda.
2. Creating Usability Test Tasks
Setelah itu audiens akan melaksanakan tugas mereka, tugas harus mewakili sasaran umum seperti memulihkan kata sandi yang ilang. Selain itu penting juga dalam menilai keberhasilan dalam pengerjaan tugas serta penting juga untuk mengklarifikasi dimana peserta memulai pengerjaan tugasnya.
3. Conducting a Usability Test
Saat melaukan pengujian, peneliti hendaknya membaca tugas satu persatu kepada peserta. Peneliti juga dapat meminta peserta membacakan hasil tugas nya dengan keras, untuk dapat menilai model mental peserta tersebut dalam pengambilan keputusan.
4. Usability Test Analysis
Perangkat lunak perekaman pengujian kegunaan seperti Morae (khusus PC) atau Silverback (khusus Mac) dari TechSmith dapat digunakan untuk merekam layar komputer dan suara serta ekspresi wajah peserta selama pengujian. Perangkat lunak ini juga dapat memfasilitasi pelacakan perilaku pengguna, termasuk klik tetikus, penekanan tombol, dan jendela yang aktif atau terbuka.
Guerrilla Usability Testing
Seperti teknik kegunaan lainnya , pengujian kegunaan gerilya adalah cara untuk mengevaluasi seberapa efektif suatu antarmuka dengan menguji desain visual , fungsionalitas, dan pesan umum pada audiens yang dituju dan menangkap respons mereka.
Pengujian kegunaan gerilya adalah teknik yang ampuh. Desainer Martin Belam menggambarkannya sebagai "the art of pouncing on lone people in cafes and public spaces, [then] quickly filming them whilst they use a website for a couple of minutes.”
Studi kegunaan gerilya disusun berdasarkan tujuan penelitian penting yang ditetapkan untuk bagian penelitian pengguna dalam proyek UX. Meskipun demikian, studi ini biasanya cukup fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan evolusi penelitian pengguna .
Pengujian kegunaan gerilya relatif mudah. Pada dasarnya, peserta pengujian diberi serangkaian tugas untuk diselesaikan, dan tim peneliti akan mencatat masalah apa pun yang terjadi selama pengujian .
Hasil pengujian kegunaan gerilya biasanya bersifat kualitatif, bukan kuantitatif, karena Anda akan menilai peserta secara langsung. Penelitian kualitatif cenderung menanyakan 'mengapa', bukan 'berapa banyak' atau 'berapa banyak'. Tujuan dari jenis pengujian ini adalah untuk menginformasikan keputusan desain untuk proyek yang sedang berlangsung dan mengidentifikasi masalah kegunaan , bukan menilai kegunaan antarmuka yang ada.
Bagaimana cara Memecahkanya?
1. Apa yang akan kita uji ?
Salah satu bagian terbaik dari pengujian semacam ini adalah pengujian ini dapat dilakukan dengan hampir semua hal, mulai dari konsep yang digambar di balik serbet hingga prototipe yang berfungsi penuh.
2. Dimana kita melakukan pengujian?
Tempat kita melakukan pengujian memengaruhi cara kita melakukan dan mendokumentasikan pekerjaan kita. Misalnya, jika kita menguji aplikasi seluler baru untuk jaringan ritel, kita mungkin akan mendatangi toko itu sendiri dan berjalan di lorong-lorong; jika kita mengerjakan perangkat lunak kantor "umum", kita mungkin mengujinya dengan rekan kerja di bagian kantor yang berbeda; dst. Intinya adalah: biarkan konteks yang mengendalikan pekerjaan.
3. Dengan siapa kita melakukan pengujian?
Ruang publik dan pusat perbelanjaan merupakan beberapa tempat terbaik untuk melakukan ini karena banyaknya lalu lintas pejalan kaki yang mereka terima (serta sifat lingkungan yang santai). Namun, dengan kumpulan pengguna yang lebih spesifik, akan berguna untuk menargetkan subjek berdasarkan konteks (lihat di atas) dan demografi. Saat ini Anda dapat merekrut orang untuk pengujian kegunaan gerilya jarak jauh dengan memanfaatkan forum publik seperti Reddit, Quora, atau Grup LinkedIn, dan lain-lain. Cobalah mengintai di forum untuk menemukan orang yang tepat atau menulis posting sederhana yang menguraikan maksud Anda dan insentif terkait.
4. Bagaimana kami mengujinya?
Pengujian cukup mudah: minta peserta berbicara keras saat mereka mengerjakan tugas. Gunakan protokol berpikir keras untuk menguji pemahaman produk secara keseluruhan, bukan penyelesaian tugas dasar. Kuncinya adalah mengamati pelanggan bermain-main dengan produk dan mengevaluasi kegunaannya secara diam-diam. Seperti yang dijelaskan Sarah Harrison , “Mengamati pengguna seperti membersihkan gigi dengan benang gigi–orang tahu bahwa mereka seharusnya melakukannya setiap hari, tetapi mereka tidak melakukannya. Jadi, lakukan saja. Itu bukan masalah besar.”
Petunjuk yang bermanfaat untuk menunjang keberhasilan :
1. Waspada terhadap bias konfirmasi
2. Jelaskan apa yang sedang terjadi
3. Bersikap etis
4. Buatlah suasana santai
5. Bersikaplah partisipatif
6. Jangan pimpin peserta
7. Tetap waspada
8. Tangkap umpan balik
9. Jadilah polisi waktu
Haruskah kita melakukan guerrilla usability testing?
Ya. Pengujian kegunaan gerilya harus dilakukan ketika proyek Anda memerlukan pengujian yang cepat dan murah, seperti ketika Anda perlu memvalidasi asumsi desain di awal siklus hidup proyek, atau dalam proyek dengan anggaran rendah.
Meskipun pengujian kegunaan gerilya mungkin bukan pilihan terbaik untuk setiap proyek UX, ini dapat menjadi pendekatan yang cepat dan efektif untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengguna terkait antarmuka Anda.
Selain itu, ingatlah, pengujian kegunaan sangat penting untuk keberhasilan situs web atau aplikasi Anda, jadi umpan balik sederhana dari pengguna lebih baik daripada tidak sama sekali.
Referensi :
http://www.usabilityfirst.com/usability-methods/usability-testing/
https://www.usability.gov/what-and-why/usability-evaluation.html
https://usabilitygeek.com/guerrilla-usability-testing-how-to/
http://www.uxbooth.com/articles/the-art-of-guerrilla-usability-testing/
Comments
Post a Comment